Skincare Routine Murah untuk Kulit Normal-Berminyak

       Halo.. hari ini saya mau membagikan skincare routine saya, yang mana tipe kulit saya adalah normal-berminyak, dan plus-nya skincare ini tergolong murah kalau dibandingkan dengan skincare kulit berminyak milik kawan-kawan di kota besar sana. Tidak perlu basa-basi panjang lebar, karena saya yakin ini akan menjadi postingan yang panjang, langsung saja saya paparkan apa saja yang menjadi skincare routine saya.

1. Garnier Micellar Cleansing Water

      Garnier Micellar Cleansing Water ini saya gunakan sebagai first step dari double cleansing (penjelasan pentingnya double clensing bisa dilihat di sini). Saya biasanya menggunakan produk ini setiap sebelum mandi pagi dan sebelum mandi sore (atau kadang sebelum sholat isya). Pemakaian sebelum mandi pagi bertujuan untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa skincare malam sebelum tidur dan agar wajah lebih bersih sehingga skincare pagi yang akan dipakai selanjutnya lebih mudah menyerap. Pemakaian sebelum mandi sore tentunya bertujuan untuk membersihkan segala make up, skincare, debu, maupun kotoran dari aktivitas seharian. Terkadang pemakaian kedua ini saya lakukan sebelum sholat isya atau bahkan sebelum tidur apabila ada aktivitas kampus yang sampai malam, sehingga saya baru membersihkan wajah ketika pulang. Pemakaian kedua dilakukan dengan asumsi bahwa wajah saya tidak lagi akan terpapar kotoran, sehingga siap menerima skincare malam. Garnier Micellar Cleansing Water ini biasanya saya gunakan dengan menuangkannya ke kapas dan langsung diusapkan ke wajah hingga leher. 

2. Shinzu'i Skin Lightening Facial Wash Anti Acne

       Setelah melakukan first cleansing, selanjutnya sebagai second cleanser saya menggunakan Shinzu'i Skin Lightening Facial Wash Anti Acne. Saya jadi pakai sabun muka ini karena sejauh ini hanya ini yang cocok dan sesuai ekspektasi saya. Shinzu'i Skin Lightening Facial Wash ini mampu mengangkat minyak dan kotoran di wajah serta memberikan efek mencerahkan. Jerawat saya lebih cepat hilang saat menggunakan sabun ini. Shinzu'i Skin Lightening Facial Wash ini biasanya saya gunakan sebanyak satu pump dan itu sudah cukup untuk membersihkan area wajah, telinga, dan leher depan hingga belakang. Saya biasanya menggunakan Shinzu'i Skin Lightening Facial Wash ini setiap mandi pagi dan sore.

3. Viva Face Tonic Green Tea & Toner Cuka Apel

     Tahap selanjutnya setelah mencuci muka ialah menggunakan toner. Toner yang saya gunakan ada 2, saya pakainya gonta-ganti. Kalau saya lagi rajin dan jerawat di wajah lagi agak bandel, saya pakai toner cuka apel, tapi kalau saya lagi males dan wajah saya lagi nggak ada jerawat ya saya pakai toner viva yang green tea. Toner cuka apel saya buat dengan mencampurkan 1 sendok cuka apel + 3 sendok air destilasi. Toner ini saya gunakan setiap selesai cuci muka dan sebelum menggunakan skincare malam. Pengaplikasiannya bisa menggunakan kapas ataupun tidak, seringnya saya dalam sehari itu selalu menggunakan kapas, tapi terkadang untuk aplikasi setelah mandi sore hanya saya tap-tap saja menggunakan tangan. Kedua toner ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang kulitnya berminyak dan/atau berjerawat, hanya saja untuk toner cuka apel perlu hati-hati apabila menggunakannya saat jerawat kalian sedang meradang karena bisa menimbulkan rasa perih.

4. Nature Republic Aloe Vera Shooting Gel

      Selanjutnya ialah menggunakan moisturizer atau pelembab yang berguna untuk melembabkan kulit. Bagi kalian yang kulitnya berminyak dan/atau berjerawat sangat disarankan untuk menggunakan pelembab dengan formula ringan yang biasanya bentuknya berupa gel. Pelembab berbahan dasar aloe vera gel ini tidak mesti kalian menggunakan yang dari Nature Republic, bisa saja dari merek lain seperti Wardah Aloe Vera Gel kalau kalian cocok. Kalau saya pribadi lebih cocok menggunakan yang dari Natrep karena lebih cepat menyerap dan lebih mampu mengontrol minyak di wajah. Nature Republic Aloe Vera Shooting Gel ini saya beli yang kemasannya berbentuk jar, karena saya merasa kemasan jar itu sangat tidak higienis, maka saya pindahlah isinya ke botol bekas Shinzu'i Skin Lightening Facial Wash. Aloe vera gel ini saya gunakan setiap habis menggunakan toner, jadi 3 kali dalam sehari dan tiap penggunaan saya gunakan sebanyak 1 pump. Kalau kulit saya sedang berjerawat, maka Natrep Aloe Vera gel ini saya gunakan sebagai sleeping mask dengan penggunaan sebanyak 3 pump.

5. Skin Aqua UV Moisture Gel & Acnes UV Tint

   Tahapan terakhir untuk daily skincare routine ialah menggunakan sun protection, fungsinya tentu saja untuk melindungi kulit dari radiasi cahaya matahari. Untuk kulit berminyak saya sangat sarankan untuk menggunakan sun protection yang tidak terlalu oily, lebih bagus lagi kalau water base. Skin Aqua UV Moisture Gel merupakan salah satu sun protection yang berbahan dasar air, sedangkan Acnes UV Tint adalah sun protection yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat dan tentunya tidak terlalu oily. Cara penggunaan sun protection yang baik dan benar bisa dilihat di postingan saya 3 Video Youtube Terbaik Penjelasan Sunblock dan Sunscreen di bagian video pertama.

    Bagi kalian yang masih pemula dalam menggunakan skincare dan belum mengetahui urgensi dari tiap jenis skinacare yang sudah saya paparkan, kalian bisa cek postingan saya Basic Skincare Wajib Diketahui Remaja atau Pemula. Sekian untuk share skincare kali ini, semoga bermanfaat ....


*👀 klik gambar untuk lihat lebih jelas

Posted at 5 August 2018

Tidak ada komentar