Cara Mengatasi Bibir Kering Agar Lembab Seharian

     Aloha... Hari ini saya mau berbagi cara agar bibir bisa lembab terus seharian berdasarkan pengalaman saya setelah trial and error mencoba beberapa produk dan sejak kecil punya bibir yang super kering yang tiap harinya selalu pecah-pecah. Dulu saya sudah pernah menceritakan mengenai kondisi bibir saya yang cukup parah keringnya di artikel Review Lip Balm Wardah dan Review Miss Tooty Lip Balm. Singkatnya, sejak kecil bibir saya sangat amat kering dan selalu pecah-pecah. Saking seringnya bibir saya pecah-pecah, saya sampai punya kebiasaan menguliti bibir tanpa merasa terganggu dengan rasa sakitnya walau sudah berdarah-darah. Saya sampai terbiasa dengan rasa sakitnya karena sudah terlalu sering saya lakukan dan jadi kebiasaan (buruk). Sudah bisa dibayangkan, kan, sekering apa bibir saya dulu?
    Nah, sejak saya belajar skincare-an, saya mulai mengenal banyak produk pelembab bibir dan hingga akhirnya saya menemukan "soulmate" buat bibir saya sehingga sekarang bibir saya sudah nggak pernah pecah-pecah lagi. Kali ini saya akan berbagi cara, tips, hingga produk andalan saya dalam mengatasi bibir saya yang kering sampai sekarang jadi bisa lembab seharian.

1. Gunakan Lip Mask saat Tidur 

       Saat trial and error, saya pernah mencoba menggunakan lip balm saat tidur dan hasilnya tidak memuaskan. Kemudian, dulu itu sempat ramai di kalangan beauty influencer penggunaan Vaseline Repairing Jelly yang digunakan saat tidur semalaman dan katanya ampuh membuat bibir jadi lembab keesokan paginya. Namun karena dulu itu masih sangat jarang sekali yang menjual produk tersebut, akhirnya saya titip ke teman saya yang pergi umrah, karena setahu saya di sana banyak yang menjual produk Vaseline. Namun sayangnya, teman saya membelikannya produk lain yang mirip, mungkin karena dia nggak nemu produk Vaseline yang saya maksud. Jadi pada akhirnya teman saya membelikan saya Miss Tooty Lip Balm dan seperti yang saya jelaskan di review saya mengenai produk tersebut, saya puas dengan hasilnya. Sayangnya, sulit bagi saya jika ingin membeli kembali produk tersebut. Syukurnya saat Miss Tooty Lip Balm milik saya sudah habis, waktu itu Vaseline Repairing Jelly sudah mulai banyak dijual di minimarket-minimarket dan toko-toko kosmetik di daerah saya. Jadilah saat itu saya beralih menggunakan Vaseline Repairing Jelly sebagai lip mask saya. Hasilnya? Sama bagusnya, bikin bibir jadi lembab keesokan paginya, hanya saja dia tidak mempertegas warna asli bibir kita.
    Lip mask yang kini saya gunakan dan sudah saya repurchase berkali-kali, karena saking sukanya, adalah Emina Lip Mask. Lip mask Emina ini punya tekstur yang lebih lembut dan buttery, wanginya enak (ada berbagai varian aroma juga), dan selain membuat bibir menjadi lebih lembab, tapi juga bikin bibir kita jadi lebih plumpy serta juga memperjelas warna asli bibir kita (jadi lebih pink). Kalian tentu bisa pakai produk apa aja selama cocok di bibir kalian, ya. Cocok di sini selain nggak bikin iritasi tapi juga musti banget bikin bibir kalian lembab dan lembut keesokan harinya. Kalau masih belum, berarti nay! Itu artinya masih belum oke produknya.
     Cara pemakaian sebagai lip mask untuk kesemua produk yang saya sebutkan tadi sama, yaitu saat sebelum tidur saya oleskan lip mask di bibir dengan lapisan yang cukup tebal (tidak saya oleskan tipis-tipis). Lalu saya biarkan semalaman lip mask ini memberikan kelembaban ekstra ke bibir saya. Besok paginya, saat mencuci muka, kalau malamnya saya pakai Vaseline Repairing Jelly, bibir saya yang sudah dibasahi akan saya gosok-gosok menggunakan jari. Sedangkan kalau malamnya saya pakai Emina Lip Mask, maka untuk membersihkannya saya menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air* dan nantinya kulit mati serta lapisan lip mask di bibir akan terangkat. Caranya, bibir digosok-gosok dengan pelan sampai terasa halus/lembut dan semua kulit mati sudah bersih. Setelahnya bibir kita akan terasa dan terlihat lebih lembut dan plumpy.

*Cara membersihkan residu dari Vaseline Repairing Jelly dan Emina Lip Mask saya bedakan karena, berdasarkan pengalaman, kalau membersihkan Emina Lip Mask dengan cara menggosok bibir yang basah dengan jari, minyak/lemak dari Emina Lip Mask-nya malah meleber ke kulit wajah di sekitar bibir, dan saya takut itu bisa memicu timbulnya jerawat. Awalnya dulu saya membersihkan Emina Lip Mask dengan menggunakan kapas yang diberi Micellar Water, tapi ternyata lama-kelamaan malah membuat bibir saya kering. Sehingga akhirnya sekarang saya membersihkannya dengan kapas yang dibasahi air saja.

2. Gunakan Lip Balm saat Berkegiatan Sehari-Hari

   Setelah bibir kita dibersihkan dan menjadi lembut, selanjutnya kita perlu aplikasikan pelembab lagi untuk berkegiatan sehari-hari. Pengaplikasian pelembab bibir ini akan membuat bibir kita kelihatan lebih plumpy, sehat, dan menjaga bibir kita agar tetap lembab. Produk pelembab bibir ini terserah kalian mau yang berwarna atau nggak. Walau yang tanpa warna, kalau bibir kalian lembab dan sehat pastinya udah kelihatan cakep, kok! 
    Produk pelembab bibir yang saya gunakan sehari-hari saat ini adalah Nivea Lip Balm Strawberry Shine dan Nivea Lip Balm Original, setelah sebelumnya saya sempat jatuh cinta sama Lip Ice Color Pretty Pink. Padahal tadinya saya mau setia dan repurchase si Lip Ice, tapi kemudian saya urung setelah saya baca-baca tentang mineral oil. Lip Ice ini mengandung salah satu mineral oil, yaitu Paraffinum Liquidum.
    Suatu waktu saya penasaran tentang penggunaan Vaseline Repairing Jelly di bibir, amankah? Mengingat kandungannya 100% Petroleum Jelly, yang mana itu asalnya dari minyak bumi. Lalu saya menemukan informasi bahwa mineral oil (termasuk juga Petroleum Jelly dan Paraffinum Liquidum) akan berbahaya bagi kesehatan jika sampai tertelan. Sedangkan, dalam berkegiatan, termasuk makan, produk yang menempel di bibir sangat mungkin sekali ikut masuk ke organ pencernaan bersama dengan makanan yang saya konsumsi. Akhirnya, sejak itu saya hanya mau menggunakan produk pelembab bibir yang 0% mineral oil untuk berkegiatan sehari-hari. Dan karena alasan itu juga, saya jadi memilih hijrah sepenuhnya tidak lagi menggunakan Vaseline Repairing Jelly sebagai lip mask.
    Oh iya, produk pelembab bibir yang mengandung SPF juga sangat saya sarankan, untuk mencegah bibir menjadi gelap. Tapi ya, saat ini saya masih malas untuk cari-cari produk pelembab bibir yang 0% mineral oil dan mengandung SPF 😅, jadi saya masih belum bisa memberi rekomendasi produk ke kalian.

3. Gunakan Lip Serum

     Penggunaan lip serum ini sebenarnya optional. Tapi saya pribadi mendapati bahwa dengan menggunakan lip serum bibir saya jadi terasa super lembab dan lembut sampai-sampai saya jadi sering mainin bibir 😭. Saya sendiri baru pernah nyoba lip serum dari Emina: Emina Watercolor Lip Serum, tapi sudah saya repurchase berkali-kali karena saking sukanya. Waktu lalu saat lip serum saya habis, padahal saya pengen nyoba lip serum dari brand lain, tapi ujung-ujungnya balik lagi ke Emina, karena takut nggak cocok atau nggak sreg sama lip serum lain. Buat lip serum Emina ini, saya paling suka yang nomor 01 DAWN, cocok banget sama warna kulit saya yang sawo matang. *Emina Watercolor Lip Serum yang di foto itu nomor 04 HAZE, warnanya bening, memberikan tint warna pink di bibir, dan ada shimmer-nya.
      Saya menggunakan lip serum ini setiap hari, as a lip color. Jadi biasanya saya hanya pakai ini saja untuk mewarnai bibir saya kalau lagi pergi ke luar, nggak pakai lip cream, lip tint, lip stick, atau apapun itu. Saya suka make lip serum Emina ini karena dia bikin bibir saya kayak my lips but better gitu, membuat seakan-akan bibir asli saya itu warnanya pink sehat dan plumpy. Kalau saya lagi pake full makeup, biasanya saya pakai lip serum ini sebagai base aja tipis-tipis di bibir biar bibir lembab (kadang saya juga pake lip balm buat base), baru setelahnya ditimpa dengan lip cream. Soalnya kalau saya pakai lip cream saja, terutama yang matte, tanpa dikasih base lip serum ataupun lip balm yang ngelembabin, bibir saya akan terasa dan terlihat super kering, garis-garis bibir kelihatan jelas, dan saat membersihkan lip cream-nya pun susah.

4. Eksfoliasi Bibir dengan Lip Scrub

     Eksfoliasi bibir ini penting banget terutama buat kalian yang tiap harinya selalu pakai lip color atau pewarna bibir, biar kulit-kulit mati dan residu make up yang masih tersisa di bibir bisa terangkat sampai bersih. Setelah dieksfoliasi, bibir akan terasa lebih lembut dan bersih. Saya pribadi nggak punya jadwal buat mengeksfoliasi bibir, tergantung situasi dan kondisi saja. Misal dalam seminggu itu saya hanya menggunakan lip serum, lip balm, dan lip mask di bibir saya, maka saya akan mengeksfoliasi bibir saya sekali saja. Tapi kalau hari itu saya menggunakan lip cream atau lip tint yang super pigmented sampai sulit jika dibersihkan dengan micellar water saja, maka saya akan pakai lip scrub juga untuk membersihkannya.
        Lip scrub pertama yang saya punya itu dari Emina, Emina Sugar Rush. Waktu itu saya beli karena saya terpengaruh teman saya yang sangat suka sekali dengan produk ini. Tapi setelah saya coba, buat saya, gula/scrub di Emina Sugar Rush itu terlalu besar dan membuat bibir saya terasa agak sakit saat digosok. Selain itu, produk itu kurang bisa membuat bibir saya jadi terasa lembut dan bersih setelah penggunaannya. Sehingga, akhirnya saya coba-coba cari lip scrub merek lain yang harganya terjangkau untuk saya dan butiran scrub/gulanya itu kecil-kecil. Setelah baca ulasan dan testimoni sana-sini, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba lip scrub dari Mineral Botanica, harganya murah dan ternyata cucok + hasilnya oke punya! Jadilah sampai sekarang saya masih setia pakai lip scrub dari Mineral Botanica. Aromanya juga enak, mirip aroma cake dan ada aroma vanilanya gitu, aroma manis.

    Itu dia tips dari saya untuk mengatasi bibir yang super kering agar bisa lembab seharian dan nggak pecah-pecah lagi. Saya juga sudah menyertakan produk-produk kesayangan buat bibir saya. "Soulmate"-nya bibir saya lah bisa dibilang. Perlu diingat kalau kalian pengen bibir kalian bisa sehat dan nggak pecah-pecah lagi, selain tiga tips yang sudah saya jelaskan, kalian juga harus ketemu dulu sama produk "soulmate" bibir kalian dan tentunya jangan sampai dehidrasi atau kurang gizi. Kalau kalian udah nerapin tiga tips dari saya tadi dan udah pakai produk yang tepat buat bibir kalian, walau lagi puasa pun bibir kalian nggak akan kering kok. Saya sendiri udah ngalamin, sekarang walau puasa pun bibir saya tetap lembab.
    Saya beberapa kali pernah menyinggung perkara skincare itu cocok-cocokan. Musti ketemu yang cocok di kita biar hasilnya optimal. Itu termasuk juga lipcare. Itulah kenapa produk-produk yang saya singgung di artikel ini saya sebut sebagai soulmate-nya bibir saya. Jadi kalian kalau belum ketemu "soulmate"-nya jangan nyerah buat nyari ya, semangat!
    Segitu aja dulu untuk share tips dari saya kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat...
 

Tidak ada komentar