Review Acnes Powder Lotion


          Sebenarnya saya sudah cukup lama makai Acnes Powder Lotion ini (± 1 tahun) dan sudah lama pula saya ingin bikin review tentang Acnes Powder Lotion, namun karena sebelumnya saya belum pernah bikin review produk kosmetik dan produk kosmetik yang saya pakai itu sedikit sekali (hanya produk umum dan biasa di pakai oleh remaja buta kosmetik parsial >_<), jadi saya masih ragu untuk bikin review si Acnes Powder Lotion ini. Mungkin saja teman saya yang membaca ini pun jadi bingung karena saya bikin postingan tentang review produk kosmetik >_<. Tapi biarlah, karena biar bagaimana pun saya ingin merawat tubuh dan wajah saya agar saat saya sudah tua nanti tubuh dan wajah saya nggak jelek-jelek amat (maaf, saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun). Saya juga kan nggak mau mengalami keriput dini (*hiiyyyy...). Walau begitu, saya baru berani nyoba pakai kosmetik di wajah (selain sabun muka dan bedak) pas umur saya sudah 17 tahun dan itu pun masih takut-takut, kalau saya aplikasikan ke wajah benar-benar secukupnya dan setipis-tipisnya :D. Ya mau bagaimana lagi, kan saya newbe, masih takut-takut :').

          Awal mula saya nyoba pakai Acnes Powder Lotion itu saat wajah saya sedang terserang jerawat musim kemarau* (*ini hanya istilah yang saya bikin sendiri kok. Karena para jerawat ini meyerang wajah saya saat musim kemarau, entah itu di awal, pertengahan, maupun di akhir musim kemarau. Semoga musim kemarau tahun ini wajah saya nggak diserang, aamiin...). Wajah saya itu Alhamdulillah bukan jenis wajah yang berjerawat, hanya berjerawat di saat-saat tertentu saja, seperti pra menstruasi dan di musim kemarau. Nah, jerawat musim kemarau ini serangannya agak brutal, penyebaran jerawatnya itu nyaris merata di jidat saya. Untungnya si jerawat ini kecil-kecil, jadi setelah sembuh tidak menimbulkan bekas yang terlalu kentara sehinga mudah juga menghilangkan bekasnya. Nah, tahun kemarin itu saya lumayan frustasi sama para jerawat musim kemarau ini, karena timbul beberapa jerawat yang ukurannya lebih besar, selain itu setiap ada jerawat yang berhasil saya basmi (pembasmiannya dengan bahan alami, Insya Allah nanti saya kasih tau di lain kesempatan) selalu saja ada lagi tumbuh jerawat yang baru. Gimana saya nggak kesel coba?! Lalu saya teringat dengan iklan Acnes yang pernah saya baca di suatu majalah, seingat saya itu adalah produk kosmetik yang diperuntukkan untuk kulit berjerawat dan cocok untuk remaja. Mulailah saya mencari-cari informasi di internat, and finally I decided to buy Acnes Powder Lotion and Acnes Sealing Jell. Tapiiii, sesuai judul, saya hanya akan kasih review Acnes Powder Lotionsaja. Kenapa Acnes Sealing Jell nggak saya review juga? Karena setiap saya pakai Acnes Sealing Jell penggunaanya nggak pernah teratur, jadi hasilnya pun nggak maksimal dan saya pun jadi nggak tahu hasil terbaiknya bagaimana jika menggunakan itu. Mana bisa saya kasih review sesuatu yang bahkan saya sendiri belum kenal sama sesuatu itu, ya kan? Oke, sudah cukup basa-basinya! Sudah dua paragraf noh! Cus kita ke review!

Tentang Kemasan
Review Acnes Powder Lotion
*klik gambar untuk melihat lebih jelas
          Kemasan Acnes Powder Lotion ini tidak ada kotak pembungkusnya, pengamannya hanya segel plastik yang melekat dari ujung atas tutup hingga bawah botol. Untuk bagian penutupnya berupa tutup ulir, sangat aman untuk mencegah agar isinya tidah tumpah-tumpah, karena produk ini sifatnya cair. Botolnya setinggi 13,5 cm dan berbahan plastik, jadi nggak perlu takut pecah. Dan untuk mulut botolnya menurutku nggak ada masalah, karena aku biasa pakai kapas untuk nuang Powder Lotion-nya. Tapi kalau nuangnya ke tangan emang agak belepotan, jadi ku sarankan pakai kapas aja, hasilnya pun lebih rapi kalau pakai kapas. O iya, di dalam botolnya ada bola besinya lo, jadi saat kita kocok botolnya bakal bunyi, mirip cat semprot gitu.

Tentang Produk
        Berdasarkan klaim dari produsen**, Acnes Powder Lotion ini dapat menyerap kelebihan minyak (sebum) dan menjaga kelembaban kulit. Serta dapat membantu mengurangi jerawat, melawan bakteri penyebab jerawat, dan menyejukkan kulit kemerahan pada daerah kulit yang berjerawat. Selain itu, juga dapat menjaga kesegaran dan kelembutan kulit.

**lengkapnya bisa di lihat di gambar

Pengalaman menggunakan Acnes Powder Lotion
          Nah, saya mengguakan Acnes Powder Lotion ini setelah mandi saat  wajah saya sudah bersih tentunya. Intinya untuk mengaplikasikan Acnes Powder Lotion ke wajah, wajah kita harus bersih dulu. Cara pakainya, kocok dulu botolnya, lalu tuang isinya ke kapas secukupnya. Acnes Powder Lotion ini cair dan warnanya agak keputihan, warnanya mirip air cucian beras. Acnes Powder Lotion ini juga ada butiran-butiran halusnya warna putih, tapi saya nggak tau fungsinya buat apa. Setelah dituang ke kapas, aplikasikan pada wajah, setelah itu tunggu kering sambil di tepuk-tepuk. Kadang kalau saya khilaf, saya nuangnya bisa kebanyakan, jadinya setelah di ratakan di wajah menggunakan kapas, saya ratakan lagi pakai tangan sambil di tepuk-tepuk. Saat di aplikasikan di wajah, rasanya dingin dan beraroma menthol, karena ada kandungan alkohol dan menthol-nya. Ini yang saya nggak suka, alkoholnya itu ada di jajaran atas, urutan kedua! Artinya kandungan alkoholnya banyak, sedangkan alkohol itu sifatya dapat mematikan sel-sel kulit. Sedangkan kalau saya mau menghentikan penggunaan, sejauh ini belum ada produk lain yang mirip sama Acnes Powder Lotion, yang keampuhannya menyerap sebum sama atau lebih baik dari Acnes Powder Lotion, secara kan wajah saya minyakan banget. 

          Tapi bener loh, Acnes Powder Lotion ini ampuh banget untuk mengurangi sebum di wajah. Dari awal pemakaian pun sudah terasa, wajah kita berasa kesat, tapi nggak kering.  O iya, saat mengaplikasikan Acnes Powder Lotion ini harus merata loh ya, makanya saya sarankan mengguankan kapas untuk meratakannya. Karena kalo apply-nya nggak rata, wajah kita jadi ada putih-putihnya pada spot tertentu. Jadi usahakan merata, dan setelah kering di cek lagi wajahnya, apakah Powder Lotion-nya sudah merata. 

          Nah untuk urutan pemakaian, kalau dulu sih, setelah pakai Acnes Powder Lotion wajah saya tinggal saya kasih bedak tabur Marcks' atau bahkan bisa nggak di kasih bedak tabur lagi, dulu kan saya cuek banget gitu lohh... Sedangkan sekarang, setelah saya mendapat pencerahan dari beberapa Beauty Blogger, saya di kasih tau bahwa "Secuek-cueknya kita sama kulit, pelembab dan sunblock itu harus di pakai. Emang mau, masih muda tapi kulitnya udah pada keriput.", hiiiyyyyy... bergidik saya bacanya, yang ngasih tau gitu nggak cuma satu, tapi banyak! Tapi biar gitu saya tetep belum berani make pelembab, bener takut deh, takut wajah saya jadi kayak kilang minyak. Saya cukup pakai DIY Face Toner aja untuk melembabkan wajah, itu sudah cukup. Jadi kalau sekarang, sebelum pakai Acnes Powder Lotion, aku pakai DIY Face Toner dulu, dan setelah pemakaian Acnes Powder Lotion aku pakai Acnes UV Tint yang berfungsi sebagai sunblock, terakhir baru pakai bedak tabur Marcks' (saya masih cinta sama bedak murah meriah ini :-* ). Kalau dengan cara pemakaian yang dulu, minyak di wajah dapat terkontrol tahan sampai ±4 jam. Setelahnya minyak di wajah udah mulai nggak beres tuh, bahkan wajah saya bisa sampai kerasa gatel, nggak enak lah pokoknya. Tapi kalau pakai cara pemakaian yang sekarang, minyak terkontrol bisa tahan sampai ±7 jam. Itu saya alami sewaktu saya daftar ulang untuk masuk perguruan tinggi yang jaraknya dari rumah saya sekitar 60km. Saya berangkat jam 05.30 dan pulang jam 12.20, dan diperjalanan pulang saya harus menghadapi terik matahari dan polusi di mana-mana (kota besar gitu... T_T). Setelah sampai rumah, wajah saya masih baik-baik saja, minyak terkontrol dengan baik, mantap lah. FYI, minyak terkontrol itu maksudnya bukan nggak ada minyak di wajah ya. Itu maksudnya wajah masih ada minyaknya, tapi nggak banyak dan nggak kelihatan, wajah kita pun nggak mengkilap. Tapi kalau di pegang, wajah kita berasa lembab, berasa ada minyaknya dikit, intinya wajah kita nggak kering. Biar bagaimana pun minyak pada wajah kita itu harus ada, gunanya untuk melembabkan, supaya kulit kita nggak kering, jadi nggak cepet keriput. Bagaimanapun kulit kita itu harus terjaga kelembabannya.

Plus-Minus Acnes Powder Lotion
+ Kemasan bagus, tidak mudah tumpah
+ Sangat ampuh untuk mengurangi sebum di wajah
+ Bagus untuk mencegah jerawat
+ Terasa segar saat di aplikasikan ke wajah
+ Hemat, satu botol bisa tahan berbulan-bulan
+ Mampu menjaga kulit tetap lembab

- Kandungan alkoholnya cukup banyak
- Jika apply-nya tidak rata, maka akan ada putih-putih pada spot tertentu di wajah
- Ukuran botolnya cukup besar, sehingga tidak travel friendly

Harga dan Tempat Membeli
           Acnes Powder Lotion ini saya beli dengan harga Rp 24.000 di pasar. Produk ini agak susah nyarinya di daerah saya, di pasar hanya beberapa toko yang jual, di minimarket seperti Alfamart aja nggak ada.


~~~Oke, sekian dulu dari review skincare dari saya. Semoga bermanfaat, dear...

3 komentar

  1. Misalnya kita pakai sunscreen Bukan uv tint nya acnes Gimana kak?

    BalasHapus
  2. Nggak apa-apa, boleh aja, cuma mungkin hasilnya bisa beda.

    BalasHapus
  3. Kalau setelah memakai acnes lotion powder mukanya gatal di titik tertentu, apakah tidak apa apa tetap dilanjutkan pemakaiannya?

    BalasHapus