Review: ACNES UV TINT (Sunblock Acnes)

Acnes UV Tint
    Halo.... Blog ini rasanya sudah saya tinggalkan selama berabad-abad karena kesibukan selama berkuliah di Biologi. Ya nggak papa, deh, selama blog ini masih hidup, hehe. 
    Hari ini saya mau review Acnes UV Tint, produk pelindung dari sinar matahari yang sudah saya gunakan selama sekitar 2 tahun lalu, artinya saya memang suka dan cocok dengan produk ini. 

Tentang Kemasan

    Acnes UV Tint ini punya kemasan yang kecil banget dan imut-imut, dengan isi hanya 30g. Berupa botol kecil dengan tutup ulir dan mulut kecil dengan bentuk seperti kerucut, jadi mudah untuk mengeluarkannya dan tidak belepotan ke mana-mana. Untuk bentuk kemasan lama dan baru Acnes UV Tint sama saja, tapi untuk desain gambarnya yang berbeda. Dan formulasinya juga ada yang berbeda. Acnes UV Tint yang lama SPF-nya hanya 30 dengan PA++, sedangkan yang baru ini SPF-nya 35 dengan PA+++. Lebih bagus doong. Berikut perbandingan kemasan lama dan baru Acnes UV Tint.
Acnes UV Tint kemasan lama
Acnes UV Tint kemasan baru
Acnes UV Tint kemasan baru bersegel

Tentang Produk

    Sekarang mari kita membahas klaim dari Acnes UV Tint.

✔ Untuk merawat kulit berjerawat.

    Kalau di kulit saya, produk ini tidak memberi pengaruh apa-apa pada jerawat saya. Jerawat saya tidak kempes atau gimana-gimana. Tapi yang pasti ini nggak memperparah jewarat, sih. 

✔ Membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

    Klaim yang satu ini saya rasa lumayan berpengaruh, asalkan kita nggak berkeringat. Tapi, walaupun kita nggak berkeringat pun SPF-nya hanya bekerja maksimal pada beberapa jam pertama. Jadi seharusnya tetap harus re-apply atau pemakaian kembali untuk penggunaan sunblock apapun dan sebesar apapun SPF-nya. Karena SPF itu semakin tinggi nilainya artinya semakin kuat penangkal radiasinya, BUKAN semakin tinggi SPF-nya semakin tahan lama sunblocknya. Jadi kalau ingin hasil maksimal ya musti re-apply tiap beberapa jam.

✔ Membantu menjaga kelembutan kulit dan dapat digunakan sebagai dasar make up.

     Kalau menjaga kelembutan kulit, itu biasa aja, kayak gak ada pengaruh apa-apa. Sebagai dasar make up, ini kalo buat saya, sih, bener. Tapi mungkin bagi sebagian besar orang tidak berlaku, soalnya tipis, tidak kelihatan menutup wajah kita. Tapi buat saya ini pas saja, karena saya memang kurang suka menggunakan foundation atau BB cream untuk sehari-hari. Saya hanya menggunakan BB cream untuk acara-acara tertentu aja. 

Pengalaman Menggunakan Acnes UV Tint 

    Dulu ketika saya masih pakai Acnes Powder Lotion, saya mengaplikasikan Acnes UV Tint setelah Acnes Powder Lotion. Kalau sekarang, saya pakai Acnes Cream Oil Control & Whitening dulu baru Acnes UV Tint. Tapiiii, beberapa hari belakangan ini karena Acnes Cream saya habis dan saya mau mencoba produk pelembab yang berbahan dasar lidah buaya, jadilah saya pakai Wardah Hydrating Aloe vera Gel (Ini tadinya mau langsung beli Aloe vera gel yang dari korea, tapi karena mahal dan waktu saya lihat review Aloe vera Gel Wardah dari Kak Michalle Saragih yang suuper positif, jadilah saya memutuskan nyoba wardah dulu). Dan untuk hasil terbaik untuk oil control adalaaahh.... Acnes Powder Lotion + Acnes UV Tint. Bisa kalian baca sendiri di review yang sudah saya tulis untuk Acnes Powder Lotion, di situ sudah saya jelaskan betapa bagusnya oil control gabungan dua produk ini di wajah saya. Akan tetapi, karena kandungan alkohol yang cukup tinggi di Acnes Powder Lotion ditambah pertimbangan kalau wajah saya tidak berjerawat parah (jadi tidak terlalu masalah kalo saya berhenti pakai), saya akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan produk itu lagi dan lebih memilih Acnes Cream meskipun oil controlnya kurang.
    Bisa disimpulkan Acnes UV Tint ini lumayan menutup, lebih tepatnya menutup tipis pada wajah. Tentu saja, tidak akan bisa menutupi jerawat atau bekas jerawat kalian, tapi cukup membuat wajah kalian lebih cerah dan nggak kusam. Punya oil control yang cukup bagus, jadi aman untuk kulit berjerawat. Cukup ampuh melindungi dari radiasi UVA dan UVB karena terbukti wajah saya tidak menjadi kusam setelah pemakaian produk ini. Acnes UV Tint ini juga tidak serta-merta luntur kalau saya berkeringat. Aromanya tidak bau maupun harum, melainkan beraroma sangat tipis dan lembut. Teksturnya kental agak cair. Warnanya krim kecoklatan, mirip seperti warna tanah liat. 

Plus-Minus Acnes UV Tint

+ Oil control-nya cukup bagus
+ Aromanya tidak tajam
+ Travel friendly, karena kemasannya kecil dan isi tidak akan mudah tumpah
+ Mudah diratakan ke wajah
+ Bisa melindungi dari radiasi sinar UVA dan UVB

- Tidak bisa meng-cover wajah dengan baik (wajar, sih, kan ini bukan BB cream atau foundation)
- Kalau pemakaiannya dikombinasikan dengan pelembab yang kurang cocok bisa bikin wajah kita minyaknya kurang terkontrol

Harga

    Harga Acnes UV Tint yang baru ini lebih mahal, wajar karena SPF dan PA-nya lebih tinggi daripada sebelumnya. Harganya Rp 46.000 waktu saya beli di pasar.


Sekian dulu review dari saya, terima kasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. Nice:)
    Sangat bermanfaat...
    Kalau day cream nya yg ponds for oily skin terus pakai acnes,cocok ap gk y kak?

    BalasHapus
  2. https://www.blogger.com/profile/14323927900056499061
    Cocok aja seharusnya, tapi kembali lagi ke kondisi kulit masing-masing ya, soalnya kalau urusan skincare itu memang cocok-cocokan.

    BalasHapus