Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

    Cara mengatasi rambut rontok dan berketombe yang akan saya bagikan di sini merupakan pengalaman pribadi saya selama mengatasi permasalahan rambut rontok yang juga disertai ketombe. Sebelumnya saya mau cerita sedikit mengenai permasalahan rambut saya, kalau kalian mau to the point bisa langsung cus ke paragraf dua. Jadi, rambut saya itu mulai bermasalah sejak saya SD kelas 5 atau 6.  Permasalahan saya saat itu adalah ketombe, saya coba pakai shampoo ini itu tidak juga ketemu solusinya. Saat SMP, mungkin karena terlalu sering gonta ganti shmpoo, akhirnya rambut saya tidak hanya berketombe tapi juga bercabang. Masalah saya makin parah saat tahun ketiga di SMP, rambut saya berketombe, bercabang, dan juga rontok. Masalah rambut bercabang saya teratasi saat saya SMA, sejak saya menggunakan shampoo Dove Intense Care. Masalah rambut saya yang tersisa hingga kini yaitu rontok serta ketombe. Sampai akhirnya saya menemukan formulasi perawatan rambut yang pas untuk mengatasi masalah rontok dan ketombe ini.
    Informasi tambahan, rambut rontok yang saya alami adalah hair loss, yakni rambut yang rontok dari akar. Berbeda dengan hair fall yang rambut rontok karena patah, ini saya alami dulu saat rambut saya bercabang, namun rambut rontok yang saat ini saya alami adalah hair loss. Keparahan rontoknya rambut saya hingga hanya perlu di genggam ringan dari pangkal hingga ujung dan rambut-rambut sudah menmpel di tangan saya. Ya, separah itu, apalagi kalau saya sisir rambut, wah wah itu rambut sudah seperti jerami tumpah di lantai, berserakan di mana-mana.

1. Shampoo Natur Ginseng

   Langkah pertama saya mengatasi rambut rontok ini adalah dengan menggunaan Shampoo Natur Ginseng, atas rekomendasi teman saya. Shampoo Natur Ginseng ini memang diformulasikan untuk rambut rontok hair loss dan mengandung komposisi utama ginseng yang terpercaya bisa mengatasi rambut rontok (terbukti dari banyaknya shampoo untuk rambut rontok yang menggunakan ginseng). Bagi saya pribadi, kalau hanya menggunakan shampoo ini saja tidak berpengaruuh banyak dalam mengatasi kerontokan rambut, bahkan saat saya juga menggunakan conditioner dan hair tonic-nya juga tidak memberikan hasil yang memuaskan, rambut saya masih banyak yang rontok. Meski tak juga menunjukkan hasil yang signifikan, saya masih tetap mempertahankan shampoo ini, karena shampoo ini merupakan shampoo paling alami yang saya tahu. 
    Shampoo Natur Ginseng ini kandungan SLS-nya juga tidak terlalu banyak dan dari yang saya baca SLS yang terkandung di shampoo ini adalah dari kelapa sawit, bukan dari minyak bumi, sehingga relatif lebih alami. Dampaknya, ketombe saya cukup berkurang, meski tidak terlalu signifikan. Jadi setidaknya shampoo Natur ini tidak akan memperparah kondisi ketombe kita. FYI, kandungan SLS pada shampoo dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berketombe. Cukup sulit untuk mencari shampoo tanpa SLS karena SLS itu sendiri membuat rambut menjadi lebih lembut, khususnya yang tinggal di daerah seperti saya, shampoo tanpa SLS akan sulit dicari dan kalaupun ada harganya pasti sangat mahal.

Harga: Rp 12.000,00/70mL - Rp 24.000,00/140ml

2. Conditioner Pantene 3 Minute Miracle Hair Fall Control


          Formula selanjutnya untuk mengatasi rambut rontok yaitu Conditioner Pantene 3 Minute Miracle Hair Fall Control. Meski sebenarnya menurut saya conditioner tidak akan memberikan pengaruh banyak pada rambut rontok, tapi saya tetap merekomendasikan ini karena menurut claim produsen ini dapat menguatkan batang rambut yang mana hal itu bagus untuk mencegah kerontokan. Selain itu alasan saya menggunakan conditioner adalah agar rambut saya lebih lembut tentunya.
Harga:Rp 22.000

3. NR Hair-Reactive Tonic


    Produk selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah Hair Tonic NR Reactive, yang mana produk ini adalah kunci utama keerhasilan mengatasi rambut rontok dan berketombe. Saya pribadi bisa langsung merasakan hasilnya hanya dalam waktu 2 minggu penggunaan. Produk ini memang kaya akan bahan kimia sih, tapi hasilnya memnag yang paling signifikan, rambut rontok berkurang (menjadi rontok normal) dan ketombe juga berkurang drastis. Produk ini saya gunakan setelah keramas saat rambut setengah kering sambil kulit kepala dipijat-pijat agar melancarkan aliran darah di kepala.
Harga: Rp 75.000,00/200ml

4. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Aloe & Melon Extract

    Produk terakhir yang turut membantu mengatasi kerontokan rambut serta membersihkan ketombe yaitu Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Aloe & Melon Extract  (panjang betul namanya 😂). Saya biasanya menggunakan produk ini seminggu sekali, karena ini merupakan creambath. Produk ini juga sangat ampuh dalam mengurangi rambut rontok serta mengurangi ketombe, selain itu juga memberikan kelembutan dan keharuman yang awet di rambut (bisa dicek di review saya).
Harga: Rp 12.000,00/60g

    Nah, itulah keempat formula untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe dari saya dan sangat saya rekomendasikan. Kenapa saya berani merekomendasikan itu? Karena teman-teman saya di Sq Haircare Line juga banyak yang rambut rontok dan ketombenya teratasi dengan produk-produk yang saya rekomendasikan tadi. Untuk tingkat keefektifan dalam mengatasi rontok dan ketombe, urutannya menururt saya begini:
1. NR Hair-Reactive Tonic  
2. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Aloe & Melon Extract
3. Shampoo Natur Ginseng
4. Conditioner Pantene 3 Minute Miracle Hair Fall Control

*NB: Harga yang sudah saya cantumkan itu hanya sebagai gambaran, harga jual online atau di daerah kalian bisa berbeda-beda.



Posted at 30 August 2018

Tidak ada komentar