Basic Skincare Wajib Tahu untuk Remaja atau Pemula

[Perawatan Kulit Dasar bagi Pemula]

Photo by Charisse Kenion on Unsplash

          Bismillahirrahmanirrahiim. Bagi remaja atau orang-orang yang pemula dalam menggunakan skincare tentu akan bingung dalam memilih skincare mana yang perlu dan baik untuk digunakan dari sekian banyaknya skincare yang dijual di toko online maupun offline. Saya pun dulu seperti itu, dulu saya ketika masih remaja menggunakan skincare tanpa ilmu, hanya ikut-ikutan saja, ikut-ikutan orangtua maupun ikut-ikutan teman. Penggunaan skincare tanpa ilmu itu parahnya terjadi hingga saya SMA, meski begitu dalam penggunaan masker saya alhamdulillah tidak bodoh-bodoh amat, saya sangat paham dengan masker yang saya gunakan beserta batas penggunaan wajarnya, tapi untuk skincare lain ya saya masih menggunakannya tanpa ilmu. Barulah ketika di akhir masa SMA karena tuntutan wajah yang bruntusan tanpa sebab yang jelas, saya mulai mencari-cari di google cara untuk mengatasinya. Pencarian skincare saya untuk menyembuhan bruntusan itu akhirnya dipertemukan dengan Acnes Powder Lotion, dan dari sana lah saya mulai pelan-pelan mengerti mengenai skincare, yang mana di sini saya akan membagikan sedikit ilmu saya mengenai basic skincare yang wajib diketahui dan merupakan komponen penting dari daily skincare routine.

1. Double Cleansing
        Double cleansing atau pembersihan ganda ini sangat penting karena wajah yang sehat tentunya berasal dari wajah yang bersih. Wajah yang jarang dibersihkan atau kurang bersih saat membersihkan tentu dapat berakibat wajah menjadi mudah berjerawat dan berkomedo. Minyak alami dari wajah akan membuat debu-debu lebih mudah menempel di kulit kita dan debu-debu itu akan masuk ke dalam pori-pori kita, kalau tidak dibersihkan ya tentunya debu dan kotoran lainnya akan bertahan di dalam pori-pori dan akan mengundang bakteri penyebab jerawat bersarang di sana pula, ujung-ujungnya wajah kita akan mudah berjerawat.

          Prinsip double cleansing adalah pembersihan pertama untuk membersihkan minyak, kotoran, maupun make up, dan pembersihan kedua untuk membersihkan sisa-sisa kotoran termasuk sisa-sisa dari pembersihan pertama agar wajah benar-benar bersih. Pembersihan pertama dapat menggunakan oil cleanser, milk cleanser, cream cleanser, maupun micellar water. Bagi kalian yang menggunakan make up mata waterproof dan lipstik matte, maka bisa menggunakan eye dan lip make up remover terlebih dahulu. Meski begitu ada banyak kok cleanser yang bisa sekaligus membersihkan make up waterproof. Saya pribadi yang paling banter pakai make up itu pakai BB cream + bedak + lipstik dan sehari-hari saya yang sering tanpa makeup, saya menggunakan micellar water sebagai first cleancer yang mana bahan utamanya air, karena saya risih dan tidak suka menggunakan pembersih yang dominan mengandung lipid (minyak-minyakan).

        Second cleansing atau pembersihan kedua ini adalah hal yang biasa kita kenal sebagai sabun muka. Second cleansing ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa minyak, kotoran, maupun make up yang masih belum terangkat saat first cleansing serta untuk membersihkan sisa-sisa atau residu dari first cleanser. Pembersih kedua ini bebas kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kulit kalian, disesuaikan dengan kondisi kulit kalian yang normal, oily, acne prone, ataupun sensitif. Bagi yang menggunakan oil cleanser pada pembersihan pertama disarankan menggunakan second cleanser yang berbusa agar mampu mengangkat minyak sisa pembersihan pertama.

2.Toner
          Toner digunakan setelah kita selesai mencuci wajah. Toner sendiri berfungsi untuk mengembalikan pH kulit seperti semula, memberikan kelembapan, serta membuat skincare lain lebih mudah meresap di kulit kita. Mengembalikan pH kulit menjadi penting karena kondisi kulit dengan pH yang tidak sesuai dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat. Toner sendiri terdiri dari Hydrating toner, Balancing toner, dan Exfoliating toner. Toner yang cocok digunakan remaja dan bisa digunakan sehari-hari ialah jenis Hydrating toner dan Balancing toner. Hydrating toner berfungsi untuk menghidrasi kulit atau melembabkan, sedangkan Balancing toner untuk menyeimbangkan pH kulit, meski begitu sifat toner pada umumnya ialah dapat mengembalikan pH kulit setelah cuci muka.

3. Moisturizer
           Moisturizer atau pelembab adalah salah satu skincare yang perlu kita gunakan di seluruh tubuh, termasuk di kulit bibir. Pentingnya menggunakan moisturizer khususnya di wajah ialah karena kulit yang tidak diberi pelembab maka akan menjadi karing yang mana malah akan merangsang produksi minyak lebih banyak. Selain itu, kulit yang kering juga dapat menyebabkan kulit menjadi keriput lebih cepat. Penggunaan moisturizer bertujuan agar kondisi minyak di kulit kita terkontrol dengan baik, tidak kering ataupun terlalu berminyak. Moisturizer digunakan setelah pemakaian toner. Moisturizer pun pilihannya ada bermacam-macam, ada yang gel maupun cream, penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Saya pribadi menggunakan moisturizer berbentuk gel untuk wajah dan badan, karena formulanya yang ringan dan mudah meresap, sedangkan untuk bibir saya menggunakan yang berbentuk balsam (balm) karena bibir saya yang super kering.

4. Sun Protection
          Sun protection berfungsi untuk melindungi kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari, baik UVA maupun UVB. Secara singkat, UVA dapat menyebabkan penuaan (sel-sel kulit cepat mati) dan UVB menyebabkan kulit terbakar (menjadi gelap). Karena penyebab itu maka kulit yang tidak dilindungi dengan sun protection dapat mengalami penuaan dini. Sun protection yang mencukupi melindungi kulit di kondisi iklim Indonesia berkisar dari SPF 15-30 dengan PA++. Saya sendiri menggunakan sun protection dengan range SPF 30-35 dengan PA++ sampai PA+++.


          Sebagai tambahan, skincare lain yang perlu diketahui ialah Weekly skincare, yakni masker dan scrub. Weekly skincare ini sebenarnya nggak penting-penting banget sih, tapi sangat bermanfaat untuk membantu mem-boost kulit kamu kalau ingin jadi lebih glowing dan tampak lebih sehat. Weekly skincare ini bisa digunakan 2 kali dalam seminggu.

          Nah, kesemua jenis skincare yang sudah saya jelaskan tadi tentunya harus dipilih  sesuai dengan kebutuhan kulit, yang mana kebutuhan kulit setiap orang kan berbeda-beda, kebutuhan si kulit berminyak dan si kulit kering tentu saja berbeda. Berdasarkan pengalaman saya dan pengalaman banyak orang di luar sana, menemukan skincare yang benar-benar cocok untuk kita itu gampang-gampang susah. Dari kesemua jenis skincare yang saya pakai saat ini ada yang sekali pakai langsung cocok, ada pula yang sudah sekian kali ganti produk demi mendapat yang cocok dan sesuai ekspektasi. Jadi ya harus sabar, sabar dalam mencari skincare yang cocok dan sabar dalam menggunakannya. Menggunakan skincare itu harus sabar dan telaten, namanya aja skincare (perawatan kulit), jadi ya tujuannya untuk merawat, lebih seperti investasi kulit kita kedepannya. Saya sendiri bukan penggemar hal-hal yang instan, karena saya yakin yang instan itu biasanya lebih banyak efek sampingnya. Skincare pun ada yang instan, baru di pakai 1 minggu kulit langsung kinclong, aduh saya gak suka tuh sama yang begitu, mana tahu itu di komposisinya mengandung bahan yang lama-lama bisa jadi bom waktu di dalam tubuh. Kalau mau 100% aman sih ya pakai skincare DIY saja saran saya. Tapi saya sendiri sudah tidak lagi pakai produk DIY, karena tidak ada waktu yang cukup untuk membuatnya. Bagi saya tidak apa-apa lah mengandung bahan kimia ini itu asalkan jangan terlalu banyak memberikan efek samping. Hal yang paling penting dan jangan sampai dilupakan adalah pola hidup sehat untuk dapat kulit yang sehat, seperti banyak minum air putih dan makan makanan yang bergizi. Mungkin ini saja ya yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat... 


*Mohon maaf saya tidak bisa menyertakan foto original dari saya karena saat ini saya sedang berhalangan untuk membuat foto original jepretan saya. Terimakasih sudah memaklumi.

Posted at 22 July 2018

Tidak ada komentar