4 Manfaat Menekuni Aktivitas Blogging

      Sebagai pembuka tulisan manfaat menekuni aktivitas blogging ini, saya ingin sedikit bercerita. Dulu saya mulai membuat blog awalnya karena rasa iri kepada teman saya. Ya saya iri, waktu itu saya masih SMP, dan saat itu ketika saya mengetahui dia punya blog rasanya antara percaya atau tidak. Dahulu saat saya masih SMP, saya pikir bisa membuat blog dan membuat konten blog itu adalah hal yang "Wah" sekali, maklum waktu itu wawasan saya masih begitu sempit. Syukurnya meski waktu itu saya berwawasan sempit, tapi saya sudah kenal dengan google. Sejak saya tahu teman saya itu punya blog, saya diam-diam langsung cari tahu bagaimana cara membuat blog dan pada akhirnya pada tahun 2012 jadilah blog saya ini. Meski begitu kalau kalian lihat tahun paling lawas dari blog saya ini ialah tahun 2015, yang mana berarti konten pertama yang saya tulis ialah pada tahun 2015. Namun sebenarnya yang terjadi adalah, saya sudah menulis konten pertama pada tahun 2012, konten pembuka yang sama seperti yang ada sekarang tentunya. Dulu saat blog ini baru jadi, saya bahkan belum tahu cara menggunakan setiap tool untuk membuat entri baru. Waktu itu meski saya sudah menulis konten, tapi saya tidak memasukkan judul ke bagian kolom judul, sehingga akhirnya tulisan saya itu di bagian arsip malah muncul kode html. Saat itu karena malas mencoba dan belajar lagi, akhirnya blog ini saya tinggalkan selama 3 tahun dan mulai aktif kembali di 2015. Saat tahun 2015 itu postingan pertama yang salah sebelumnya saya hapus dan saya perbarui, sehingga jadilah saya mulai aktif mengurus blog ini sejak 2015. Berikut adalah 5 hal yang saya syukuri selama menekuni aktivitas blogging.

Picture by blogger.com

1. Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis

      Hal ini saya rasa semua sudah tahu, karena blogging memang ranahnya dalam kepenulisan dan termasuk grafis atau gambar (meski tidak sebanyak pada video). Sebenarnya kemampuan menulis saya lebih banyak ditunjang dari kuliah, namun bedanya kemampuan menulis dari perkuliahan lebih ke arah gaya penulisan yang baku dan kaku. Menekuni aktivitas blogging membantu saya meningkatkan kemampuan menulis saya dari segi gaya menulis yang lebih santai. Meski begitu, saya masih terus belajar hingga saat ini, dan tentu saja masih banyak kesalahan penulisan dalam postingan-postingan saya, terutama postingan terdahulu, dan saya akan terus belajar agar tulisan saya semakin lama makin baik.

2. Senang Bisa Berbagi Ilmu

      Menekuni aktivitas blogging dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi saya. Kepuasan itu muncul setelah hal-hal yang saya bagikan memiliki banyak pembaca. Tentu saya akan lebih senang lagi kalau pembaca yang merasa terbantu atau senang dengan hal yang saya bagikan memunculkan diri di kolom komentar atau membagikannya, yang berarti akan semakin banyak lagi orang yang membaca dan (mungkin) terbantu dengan hal yang saya bagikan. Saya pribadi dan mungkin termasuk kalian, tentu sangat ingin menjadi sebaik-baik manfaat untuk orang lain, dan dengan menulis hal-hal positif di blog merupkan salah satu cara untuk mencapainya.

Picture by blogger.com

3. Mendorong Diri untuk Terus Belajar dan Belajar

     Saya akui dengan sebenar-benarnya, menjadi bloger berarti akan belajar banyak hal baru, terutama bagi orang-orang seperti saya yang rada gaptek. Selama menjadi bloger, saya belajar untuk membuat konten yang SEO friendly, mengetahui jenis template yang SEO friendly & responsif, mengetahui judul yang SEO friendly, belajar membuat konten yang menarik, coding (dalam mengedit html tema yang digunakan), mengedit gambar agar lebih bagus termasuk membuat watermark, belajar teknik fotografi agar objek terlihat lebih jelas, dan masih banyak lagi. Saya sendiri tergolong orang yang suka belajar hal baru, terutama hal baru yang saya tertarik mendalaminya,  menekuni aktivitas ini banyak sekali memberi saya pelajaran akan dunia blogging.

4. Memacu Diri untuk Berpikir Kreatif

     Konten yang unik dan menarik merupakan salah satu komponen penting agar blog kita dapat memperoleh banyak pembaca. Belakangan ini saya sering sekali berpikir keras di tengah aktivitas harian, hanya untuk memikirkan konten apa yang akan saya buat untuk postingan selanjutnya. Meski membuat konten yang unik dan menarik itu penting, membuat postingan yang sesuai kemampuan juga menjadi pertimbangan bagi saya. Saya tidak mau terlalu berat dalam menekuni aktivitas blogging ini, sampai-sampai membuat konten yang saya sendiri kurang mengerti akan hal itu. Untuk membuat blog saya 'unik', tentu saya harus berpikir kreatif, dengan melihat keinginan pembaca, kemampuan diri, serta hal yang bisa saya unggulkan jika dibandingkan dengan blog lain, saya harus memadukan ketiga hal itu serta beberapa faktor lain agar blog saya bisa 'dianggap ada' oleh google.

      Keempat hal tadi adalah manfaat yang saya rasakan secara langsung selama menekuni aktivitas blogging, mungkin masih banyak manfaat lain yang tidak saya cantumkan. Meski manfaat yang saya paparkan hanya empat, tetapi sebenarnya masih banyak manfaat lagi yang bisa diperoleh dan digali apabila kalian menekuni blogging dengan lebih intens, namun karena saya lebih banyak fokus ke kuliah saya, jadi yaaa begitulah. Menekuni aktivitas blogging bagaimanapun akan memberikan manfaat positif untuk kita. Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.


Posted at 26 July 2018

1 komentar