Cara Memanen dan Menanam Biji Bunga Kertas atau Zinia (Zinnia elegans)

Bunga Zinia

    Halo... Belakangan ini saya mulai mencoba berkebun sebagai salah satu coping macanism masalah mental saya. Kebahagiaan kan nggak cuma berasal dari mengerjakan hal-hal yang menjadi hobi kita, tapi juga bisa kita peroleh dari berbagi dan menebar manfaat. Jadi hari ini saya mau berbagi tentang bagaimana cara memanen dan menanam biji Bunga Kertas atau Zinia (Zinnia elegans).

Syarat Bunga Siap Panen

Bunga Zinia
    Bunga yang siap dipanen bijinya adalah bunga yang sudah melewati masa dewasa yang kemudian mati dan kering. Pada tanaman Zinnia, bunganya tumbuh masing-masing dalam satu pohon, maksudnya, bunga Zinnia ini tumbuhnya tidak serempak, sehingga matinya pun tidak serempak. Jadi dalam satu pohon, dapat ditemui calon bunga, bunga muda, bunga dewasa, hingga bunga yang sudah tua dan mati. 
Bunga Zinia
    Bunga yang bijinya bisa kita panen adalah bunga yang sudah tua, mati, dan mengering. Bunganya tinggal kita potong, lalu kita bisa panen bijinya. Bunga yang belum mati dan mengering kurang saya sarankan untuk dipanen bijinya, karena jika ditanam persentase berkecambahnya lebih kecil.

Cara Memanen Biji Bunga Zinia

Bunga Zinia
Bunga Zinia (Zinnia elegans)
    Biji bunga Zinnia ini bisa kita panen dengan kita "obrak-abrik" bagian tengah bunganya yang bentuknya oval itu. Bunganya kita "obrak-abrik" dan uyel-uyel sampai semua biji yang terselip di dalamnya keluar semua. Saat mengeluarkan biji-biji ini, bagian bunga yang lain juga akan ikut terlepas, seperti mahkota, putik, dan benang sarinya.
Bunga zinia

Ciri Biji Kualitas Unggul

Bunga zinia
    Biji bunga Zinnia yang sudah dipanen bisa langsung kita tanam atau kita simpan dulu. Perlu diketahui bagi yang mau menyimpan bijinya, maka bagian-bagian bunga selain biji sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dan biji harus dipastikan dalam kondisi kering sebelum disimpan.
Bunga Zinia
    Buat kalian yang mungkin tertarik mau berbisnis menjual biji-biji tanaman, ini bisa jadi informasi yang bermanfaat. Ciri-ciri biji Zinnia yang baik adalah tua, berwarna gelap, dan berisi. Kalau di gambar ini kualitas biji dari yang paling bagus ke yang kurang bagus saya susun dari kiri ke kanan. Jadi, bagi kalian yang mau menjual biji bunga dari nanam sendiri (bukan dari pabrik), pilih biji dengan kualitas terbaik ya buat customer, biar persentase berkecambahnya besar, sehingga pembeli nggak kecewa dan mau datang lagi ke toko kalian. Lalu biji yang kualitasnya jelek diapakan? Ya coba tanam saja. Kalau bijinya tidak untuk dijual, saya sarankan ya semai saja semua bijinya. Jadi kalau berkecambah, syukur, kalo nggak, ya nggak papa.

Menanam Biji Bunga Zinnia

Bunga Zinia
    Menanam Zinnia ini tidak sulit, kita hanya perlu menabur bijinya ke tray semai atau tempat menyemai lainnya. Bebas saja mau ditutup dengan tanah tipis-tipis atau tidak, kalau saya biasanya tidak saya tutup lagi dengan tanah. 
Biji Zinia yang Sudah Berkecambah
    Biji-biji dengan kualitas bagus akan berkecambah dalam 2-3 hari, sedangkan biji yang kualitasnya kurang bagus waktu berkecambahnya lebih lama, sekitar 4-10 hari. Maka dari itu pertumbuhan tanaman-tanaman ini akan tidak seragam, ketika ada yang sudah punya empat daun sejati, ada juga yang belum punya daun sejati samasekali.
    Saya biasanya tidak pakai tray semai atau bijinya langsung saya sebar di pot. Seperti yang sudah saya jelaskan, pertumbuhan tanamannya akan tidak seragam, sehingga saya biasanya memiliki tiga ronde dalam memindah tanaman Zinia ini ke tanah (maksudnya di sini saya nanamnya langsung di tanah, tidak pakai pot). Ronde pertama untuk memindah bibit-bibit unggul yang tumbuhnya cepat, lalu ronde kedua bibit yang tumbuhnya agak lambat, dan ronde ketiga untuk memindah bibit yang tumbuhnya lambat. Memindah tanam dari pot dengan tiga ronde ini tentu tidak mudah, karena saya harus sangat berhati-hati agar tidak merusak akarnya. Oleh karena itu, jika kalian punya tray semai atau tepat menyemai lain yang lebih proper, saya sarankan pakai itu saja, agar lebih mudah saat memindah tanam.

    Menanam Zinia ini tergolong mudah, perawatannya juga mudah, makanya bunga ini juga mudah kita temui di pinggir-pinggir jalan. Jadi buat kalian yang mau mencoba menanam bunga tapi masih takut gagal atau malas repot ngurusnya, Zinia ini bisa menjadi opsi tanaman yang bisa kalian coba tanam. Semoga berhasil! Sharing saya tentang cara memanen dan menanam biji Zinnia sampai sini dulu ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat...


Posted at 15 Jan 22

Tidak ada komentar