Belajar Berenang

     Fiuhh... Aku ni yah udah lamaaaa banget nggak renang. Sekalinya renang, awalnya make gaya dada, santai ajaa... Trus pengen nambah beban supaya kalori yang dibakar lebih banyak, nyoba deh pake gaya bebas. Dan akhirnya... (*nyanyi) Kaki gua jadi pegel semua...

     Nah nah, kali ini aku mau share tentang pengalaman aku waktu baru belajar renang. Yang tadinya aku nggak tahu teknik pernapasan yang bener gimana, cuma bisa meluncur-meluncur doang tanpa bisa ngambil napas,sampai akhirnya sekarang aku udah bisa renang walaupun cuma sebatas gaya dada sama gaya bebas, yang padahal gaya bebas aku itu belum beres banget. Aku ceritain nih,dulu itu sewaktu belum ikut kursus renang, aku belajar renangnya masih sama temen-temenku yang udah pada bisa renang. Tapi, mereka nggak ada yang berhasil ngajarin aku sampai bisa renang. And you know why? Itu semua karena rasa takutku. Aku itu selalu gugup kalo udah di dalam air, entah kenapa. Waktu itu yah, aku meluncur aja nggak berani. Trus ada salah satu temen aku yang ngajarin aku bener-bener dari dasar, yang jatohnya malah agak memalukan, dia ngajarin aku  teknik meluncur di kolam renang untuk anak-anak! Tapi hasilnya, aku jadi bisa meluncur,ya CUMA meluncur.

     Setelah itu, di SMA, ada salah satu guru olahraganya yang punya usaha kursus renang gitu, dan aku ikut. Nah sama guruku itu, aku diajarin dari teknik pernapasan. Yaitu dengan menarik napas melalui mulut dan dikeluarkan melalui hidung. Itu tuh belajarnya mirip gaya batu gitu,hehe. Kepalanya doang yang keluar-masuk air dan itu dilakukan berulang kali, untuk membiasakan kita bernapas dengan cara tersebut. Setelah belajar teknik pernapasan, selanjutnya belajar meluncur, naaahh bagian ini sudah sangat ku kuasai, hehe... Selanjutnya belajar meluncur sambil kakinya digerakkan ke atas-ke bawah menggunakan pelampung. Tahap setelah inilah yang paling bikin aku nggak PeDe bakal bisa renang, yaitu ketika aku belajar renang dengan teknik yang sama seperti sebelumnya, tapi aku musti nggak pakai pelampung. Aku harus berusaha keras dan sering-sering latihan supaya bisa menguasai teknik itu. Bahkan aku sampai ngeluh ke guruku, kenapa aku nggak bisa-bisa, sedangkan temen-temen yang lain udah pada bisa. Trus kata beliau, aku nggak boleh menyerah, begitulah belajar, pelan-pelan, sering-sering latihan, nanti bisa aja kok. O'ya lupa, jangan dikira aku belajar renang ini sebentar, itu SALAH besar! Aku musti sering-sering latihan, hampir setiap hari aku ke kolam renang buat latihan, baik itu sama guruku ataupun tidak.

     Setelah bisa teknik yang tadi, mulailah aku belajar teknik gaya dada! Yahuuu... Akhirnya diajarin juga gaya dada. Belajar gaya dada itu, ketika gerakanku udah mulai bagus dan aku mampu berenang sejauh 25 meter berulang kali, barulah aku di test dengan berenang sejauh 50 meter! Huaaa... Kakiku pernah kram saat melakukan itu, dan waktu itu aku langsung kepinggir dan mencoba meluruskan kakiku di dalam kolam, beruntung waktu itu ada guruku. Tapi setelah kejadian itu aku nggak kapok, aku masih berani renang. Walaupun kalo disuruh renang 50m masih sering gugup. Yaaa gitu deh, pengalamku belajar renang.

    Aku itu orangnya juga suka nonton anime Jepang kayak Naruto gitu. Nah, ada salah satu anime yang bikin aku jadi jatuh cinta sama renang dan bikin aku jadi tambah bersemangat renang. Judul animenya itu "Free!". Tokoh utamanya itu Haru,dan juga ada teman-temannya seperti Rin, Nagisa, Makoto, sama Rei. Mungkin nanti bakal ku bikin review animenya, hehe.

    Sekedar info aja, renang itu ada 4 gaya, yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Di antara semua gaya itu yang paling banyak membakar kalori adalah gaya kupu-kupu dan yang paling sedikit membakar kalori adalah gaya dada. Renang juga banyak manfaatnya loh, renang itu bisa mengurangi resiko asma, menjaga kesehatan jantung, menjaga bentuk tubuh, menguatkan otot, dan manfaat yang paling aku sukai adalah renang itu bisa menenangkan pikiran, bikin kita jadi relaksasi.

     Buat temen-temen yang pengen bisa renang tapi takut. Ingat kata orang bijak, "Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi jika kita belum mencoba". Nah, mencoba aja belum, masa udah takut duluan. Kita pun juga nggak boleh gampang menyerah. Kalo temen-temen udah pada bisa dan kita masih belum bisa, jangan mau kalah, kita juga harus bisa. Rajin berlatih dan pantang menyerah, itu kuncinya. Saya Alif Meylinda,inilah Merah Putih,wkwkwk... :D

2 komentar

  1. Guru Renang Belajar Kursus Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

    WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

    BalasHapus
  2. makasih bro sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat,dan membantu sekali

    BalasHapus