Cara Membuat Jadwal Pelajaran Simpel dan Menarik

    Hallo.... Dulu, kan, saya pernah berbagi Tutorial Membuat Jadwal Pelajaran Lucu & Unik dengan tema Rilakkuma, nah, kali ini saya mau berbagi tutorial membuat jadwal pelajaran yang simpel tapi tetap menarik. Jadwal pelajaran ini merupakan solusi untuk yang mager atau punya sedikit waktu tapi tetap pengen jadwal pelajarannya kece, menarik, dan nggak ngebosenin. 
       Jadwal pelajaran yang saya tutorialkan di sini hanya membutuhkan softwere Ms. Word, kertas HVS, alat cetak (printer), pena sorot (highlighter pen), dan kuota/wifi (optional). Intinya, jadwal pelajaran yang saya bagikan kali ini tinggal dibuat di Ms. Word -> Cetak -> Beri warna dengan pena sorot. Simpeeelll banget, jadi mungkin kali ini saya akan lebih banyak membagikan tips-tipsnya. 

Cara Membuat

1. Pilih dan Cari Font yang Menarik 

    Font yang menarik dapat kalian peroleh langsung dari yang disediakan Ms. Word atau kalian bisa mencari yang jauh lebih menarik di berbagai website penyedia font gratis, seperti fontsquirrel.com, dafont.com, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa kuota/wifi menjadi optional, karena terserah kalian mau font yang baru atau font yang sudah disediakan Ms. Word.

2. Buat Tabel Sesuai Jadwal Pelajaran Kalian

     Langkah selanjutnya kalian tinggal membuat tabel di Ms. Word dengan jumlah baris dan kolom sesuai dengan jadwal pelajaran kalian. Sebagai contoh bisa kalian lihat pada gambar di bawah yang merupakan jadwal kuliah saya waktu semester lalu.

3. Ketik Jadwal Pelajaran Kalian

   Selanjutnya kalian tinggal masukkan jadwal pelajaran kalian ke tabel tadi dengan font-font menarik yang sudah kalian pilih sebelumnya. Tips dari saya, untuk mengetik mata kuliah atau mata pelajaran gunakan font yang jelas dan mudah dibaca, termasuk dalam pengetikan waktu dan ruang. Tips kedua, kalau dari kesemua jadwal kalian ada yang berbeda dan cenderung penting, bisa kalian Bold, Italic, atau Underline. Saya pribadi memilih untuk menebalkan jadwal yang penting, yaitu praktikum.
     Kalau kalian punya jadwal ekstra yang rutin, di luar jawal kuliah atau sekolah, bisa kalian tempatkan di samping tabel. Jadwal ekstra ini contohnya seperti jadwal ekstrakurikuler, rapat mingguan, latihan rutin, pengajian, mengajar les, asisten praktikum dan lain-lain. Kalau kalian punya jadwal ekstra yang cukup padat dalam seminggu, kalian bisa saja tidak memasukkannya ke dalam jadwal pelajaran yang kalian buat ini. Kalian bisa membuat jadwal baru lagi yang berbeda atau kalian menggunakan templete agenda yang banyak tersedia di Pinterest.com, contohnya pada gambar berikut. Template agenda tersebut akan berupa gambar, jadi kalian tinggal print dan tulis jadwal kalian. Template agenda ini hanya saya gunakan untuk jawal ekstra karena ukuran gambarnya yang kecil dan kalau diperbesar akan pecah. Ukuran gambar yang kecil memaksa saya untuk memprintnya dalam ukuran yang kecil pula, sehingga saya hanya bisa memasukkan sedikit tulisan dalam tiap kolomnya.

4. Cetak Jadwal yang Telah Dibuat

    Hal yang perlu diperhatikan saat kalian mencetak jadwal ialah penggunaan kertas. Perhatikan ukuran kertas yang kalian gunakan. Saran saya gunakan kertas HVS ukuran F4 karena ukurannya yang besar sehingga jadwal yang kita buat pun bisa lebih besar dan mudah dibaca. Saya kurang menyarankan untuk menggunakan kertas HVS yang berwarna karena setelah ini jadwal yang sudah di print akan diberi highlight dengan pena sorot, apabila kertasnya sudah berwarna maka bisa mengacaukan warna dari pena sorot dan bahkan bisa membuat tulisan jadi sulit terbaca.

5. Beri Highlight Jadwal Pelajaran yang Sudah Dicetak

    Jadwal pelajaran baru di-highlight setelah dicetak tentu ada alasannya. Kenapa tidak di-highlight langsung saat di Ms. Word? Karena hal tersebut dapat membuat tulisan jadi sulit terbaca, yang disebabkan warna-warna highlight di Ms. Word apabila dicetak maka warnanya akan cenderung lebih kuat atau tebal. 
    Pemberian highlight menggunakan pena sorot tentunya juga tidak sembarangan. Saya sarankan menggunakan warna-warna yang berbeda agar lebih menarik dan tidak membosankan, selain itu juga sebagai penanda yang mana yang menunjukkan waktu, ruang, dan mata pelajaran. Penggunaan warna yang berbeda pada hari yang berbeda juga membantu kalian untuk melihat dari jauh bahwa di hari mana yang jadwalnya lebih banyak atau lebih sedikit. Poin penting bagi saya, khususnya karena gangguan penglihatan saya yang minus-silinder, sangat penting agar jadwal pelajaran ini dapat saya kenali dan identifikasi dari jauh. Berikut contoh hasil dari tutorial jadwal pelajaran yang simpel dan menarik yang sudah saya paparkan.

Nah itulah tutorial cara membuat jadwal pelajaran yang simpel dan menarik dari saya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....


Posted at 3 September 2018

Tidak ada komentar