Laporan Praktikum Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Photo by Markus Spiske on Unsplash

          Kali ini aku mau share ke kalian tugas akhir semester biologi aku, yaitu melaporkan hasil praktikum biologi pertumbuahn dan perkembangan tumbuhan yang dilakukan dalam 7 hari. 
  • Judul : Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan
  •   Tujuan : Mengamati pertumbuhan dan perkembangan helaian daun muda tumbuhan cabai dan  beringin.
  • Alat dan Bahan: - penggaris
                             - spidol permanen
                             - 5 lembar helaian daun muda
                             - tabel pengamatan
  • Cara Kerja: 1. Pilih daun tumbuhan sebanyak 5 helai. 5 helai daun tersebut bisa dari tumbuhan yang sama atau berbeda-beda.
    2. Beri tanda diameter daun yang akan diukur. Garis diameter digambar melintang di tengan daun.
    3. Pengukura panjang dilihat dari panjang tulang daun, dihitung dari pangkal hingga ujung tulang daun, tangkai daun tidak ikut diukur.
    4. Lakukan pengukuran diameter dan panjang helaian daun setiap hari dalam 7 hari pada waktu yang sama, misalnya setiap sore.
    5. Lakukan pengamatan perubahan warna daun.
    6. Cata hasil pengamatan pada tabel yang telah dibuat.
  •     Data hasil pengamatan :



*untuk memperbesar gambar, tinggal klik di gambarnya.
  • Analisis hasil pengamatan :

Berdasarkan data hasil praktikum pertumbuhan dan perkembanan tumbuhan yang saya kerjakan,  dapat dilihat hasilnya berupa pertambahan diameter, panjang, serta perubahan warna daun, meskipun perubahan yang terlihat menonjol hanya pada daun 4 dan 5. Hal ini bisa disebabkan karena perbedaan umur daun juga faktor internal dan eksternal yang turut mempengaruhinya.

Pada data hasil pengamatan, dapat kita lihat faktor yang menyebabkan daun 1 dan 2 (daun tumbuhan cabai) tumbuh begitu lambat lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal. Penyebabnya ialah pot tempatnya tumbuh terdapat dua tumbuhan cabai lain, sehingga daun 1 dan 2 tidak mendapatkan nutrisi yang optimal dari mineral yang terdapat di dalam tanah.

Adapun faktor yang meyebabkan daun 3 (daun tumbuhan beringin) tumbuh sangat lambat ialah karena umur daun yang tidak lagi muda atau dewasa, sehingga pertumbuhannya sangat lambat kerena sel meristemnya sudah tidak atau kurang aktif membelah.

Sedangkan pada daun 4 dan 5 (daun tumbuhan beringin), pertumbuhannya begitu terlihat dikarenakan itu merupakan daun muda dan dalam satu pot hanya terdapat satu tanaman itu saja sehingga daun 4 dan 5 bisa mendapatkan nutrisi yang optimal dari mineral yang terdapat di dalam tanah. Dari data hasil pengmatan pada daun 4 dan 5 dapat kita lihat pertumbuhannya berupa pertambahan panjang dan diameter daun. Sedangkan perkembangannya berupa perubahan warna daun yang di hari pertama berwarna hijau kemerahan hingga hari ketujuh warnanya sudah berubah jadi hijau muda. Dan tentu saja, jika ditilik dari pertambahan panjang dan diameter daun, juga dapat kita lihat perubahan pada bentuk daun yang tadinya kecil lalu tumbuh semakin besar, hingga selnya tidak lagi mengalami pembelahan yang kemudian mengalami diferensiasi membentuk jaringan dewasa. Meskipun demikian, dari data hasil pengamatan pada hari pertama dan kedua terlihat tidak ada pertambahan ukuran diameter pada daun 5, hal ini kemungkinan besar disebkaan oleh faktor internal seperti hormon dan gen.

Dari data hasil pengamatan pun bisa kita lihat pertambahan ukuran panjang daun lebih dominan, bahkan dari hari pertama pun sudah terlihat ukuran panjang daun lebih besar dari diameternya. Hal ini tentu dipengaruhi oleh faktor internal yaitu gen dan oleh sebab lain, yaitu dikarenakan sumber atau sebab tumbuhnya daun merupakan hasil dari aktivitas meristem apikal (meristem yang menyebabkan pertumbuhan primer berupa pertambahan panjang) yang terdapat di pangkal daun atau buku batang.

Kesimpulan yng dapat saya ambil dari praktikum pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ini adalah bahwa organisme merupakan hasil dari pembelahan sel, pembesaran sel serta diferensiasi sel. Pada tumbuhan, pertumbuhan dan perkembanan ini sangat dipengaruhi oleh aktifitas jaringan meristem. Di samping itu, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ada faktor internal, berupa hormon dan gen serta faktor eksternal, yaitu air, cahaya, suhu, kadar karbon dioksida di udara, kelembapan, oksigen, angin, pH tanah, dan unsur hara dalam tanah.


*maaf ya, karena nggak disertai gambar pertumbuhan daunnya, tapi aku harap postingan ini bisa jadi bahan referensi kalian dalam membuat laporan praktikum biologi... Sekian.

Tidak ada komentar